Sejarah Singkat "KOPI KAPAL API"
Nama : Siti Badriah
NPM : 2D214203
Kelas : 1EB37
NPM : 2D214203
Kelas : 1EB37
Sejarah singkat kopi kapal api
“KOPI KAPAL API”
Soedomo Mergonoto Founder Kapal Api grup membagikan kiat
sukses membesarkan jaringan bisnis kapal api dari bisnis keluarga menjadi
perusahaan professional yang memiliki ribuan karyawan.
Kilas sejarah berdirinya Kapal Api pada 1927 Jalan Panggung
No. 9 Mr. Go Soe Loet berpikiran transportasi modern steamboat kemudian menamai
produk kopinya “Kapal api” dengan nama perusahaan Santos Jaya Abadi. Santos
adalah kopi ternama di Brazil yang berjaya sepanjang masa dan abadi hingga
generasi ketiga sampai saat ini. Ketiga anak Mr Go Soe Loet memiliki ketiga
putera yaitu: Tuan Indra Boediono, Tuan Soedomo Mergonoto and Tuan Singgih
Gunawan sekarang Director PT Manohara Asri.
Visi kapal api mendominasi pangsa pasar makanan dan minuman di Asia. Sedangkan Misinya menjadikan kapal api sebagai pemimpin pasar kopi di Indonesia dengan inovasi berkualitas kelas dunia, memiliki ekonomi yang kuat dan disukai oleh masyarakat.
Visi kapal api mendominasi pangsa pasar makanan dan minuman di Asia. Sedangkan Misinya menjadikan kapal api sebagai pemimpin pasar kopi di Indonesia dengan inovasi berkualitas kelas dunia, memiliki ekonomi yang kuat dan disukai oleh masyarakat.
Kopi Kapal Api merupakan produk dari PT. Santos Jaya Abadi,
yang merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam produksi minuman di
Sidoarjo, yang beralamatkan di Jalan Gilang, Sidoarjo. Memerlukan beberapa tahun untuk membangun sebuah perusahaan
yang ternama di kelas nasional maupun internasional (trademark). Pada tahun
1970-an mesin dan peralatan didatangkan ke perusahaan ini untuk meningkatkan
produktivitas dan kualitas dari kopi kapal api itu sendiri sehingga mampu
memenuhi seluruh produksi, khususnya di daerah Jawa Timur.
Saat ini Kapal Api menjadi market leader dalam dunia
perkopian di Indonesia. “Kunci kesuksesan kapal api memperhatikan detail
seluk-beluk kopi seperti oksidasi kelebihan kopi Kapal Api masih tetap harum
meskipun dalam bungkus satu hingga dua bulan. Inilah keunggulan teknologi kapal
api yang tak dimiliki oleh kompetitor. Lalu, iklan payroll mampu menaikkan
omzet penjualan kita dalam setahun dari nomer dua menjadi nomer satu di
Indonesia” ungkap pria yang akrab disapa Go Te Huei.
sumber: