Analisis Proposal Bisnis "Hijab Asmazahra Fashion"

Nama  : Siti Badriah
NPM   : 2D214203
Kelas  : 1EB37




Analisis Proposal Bisnis (STP)

ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

A.      PRODUK YANG DIHASILKAN

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.       Lebih murah dan terjangkau dengan produk yang telah banyak beredar
2.       Kualitas barang yang tidak kalah saing dengan barang yang sudah ada
3.       Dikelola oleh homemade

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

PERSONAL SELLING
Kegiatan promosi yang dilakukan “ASMAZAHRA Fashion” adalah dengan mempromosikan  dan menawarkan secara langsung kepada konsumen melalui event-event.
ADVERTISING/IKLAN
Selain mempromosikan lewat media sosial, “ASMAZAHRA Fashion” juga membuat iklan di media sosial.

B.      TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN ATAU KARAKTERISTIK PEMBELI/PENGGUNA
Target pasarnya sebagian besar adalah remaja wanita yang mulai atau sudah menggunakan hijab, yang membutuhkan hijab dengan harga yang terjangkau serta modern.

C.      STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN PRODUK
                ASMAZAHRA Fashion akan terus mengembangkan produk-produk hijab dengan cara menerima berbagai jenis pesanan hijab perpaduan hijab syar’i dan modern.

PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
                Hingga saat ini produk hijab yang baru kami pasarkan berkisar didaerah JABODETABEK. Diharapkan kepada kami agar dapat merambah ke pasaran nasional maupun internasional.

KEGIATAN PROMOSI
                Poduksi yang sedang kami jalankan adalah dengan menggunakan media sosial dan menawarkan langsung kepada mahasiswi-mahasiswi.

STRATEGI PENETAPAN HARGA
                Dalam menetapkan harga kami memberikan harga khusus sesuai kantong mahasiswi dibandingkan dengan kualitas yang hampir sama. Kami memberikan harga murah karena bahan yang kami gunakan mudah didapat.


D.      SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1.       Wilayah Pemasaran
Target pemasaran
presentase
Lokal
85%
nasional
15%


2.       Jalur Distribusi
Target yang dituju
Anak-anak
Remaja
Ibu-ibu
dll

3.       Alamat / Counter Penjualan(Milik Perusahaan)

Jln. Letnan Arsyad 7 No.54 Rt03/Rw12 (Dekat Stadion Internasional Bekasi

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
1.       Wilayah Pemasaran
Target Wilayah
presentase
Lokal
35%
Nasional
45%
Ekspor
20%

2.       Jalur Distribusi
Target yang dituju
Individu industri
Distributor Reseller
dll




3.       Rencana Lokasi/Counter Penjualan
Lokasi Penjualan
Mall Metropolitan Bekasi
Mega Bekasi Mall


ANALISIS PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
MESIN
Pembuatan
Kain sifon,kain katun spandek,dll
-
-
Design
Panjang(fasmina), segi empat
-
Manual, komputer
packing
plastik
manual
-

KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.       Proses mudah
2.       Proses pekerjaan manual dan cepat
3.       Hasil maksimal dan barang berkualitas baik


ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

A.      DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
·         Berusaha terbaik untuk mengambil magang lokal
·         Berkomitmen untuk masa depan yang berkelanjutan
B.      ANALISIS RESIKO USAHA
·         Kecelakaan kerja
·         Kerusakan produk
·         Persaingan ketat
C.      ANTISIPASI RESIKO USAHA
·         Asuransi
·         Buka cabang

PETA LOKASI



FOTO PRODUK