PELUANG DAN TANTANGAN BISNIS INDONESIA

Nama : Siti Badriah
Kelas : 1EB37
NPM  : 2D214203




PELUANG BISNIS DAN TANTANGAN INDONESIA DI TAHUN 2015


Tahun 2014 sudah berlalu dan sudah memasuki awal tahun 2015. Indonesia memiliki peluang bisnis yang dapat menguntungkan bagi kesejahteraan hidup. Pasca pemilihan presiden baru dan berlakunya sistem free trade area di kawasan Asia pasifik menjadikan peta persaingan menjadi lebih mengglobal dan ini memaksa pelaku usaha untuk lebih siap dengan persenjataan, kreatifitas dan amunisi untuk bertahan dan bertarung dengan persaingan assing yang sudah dipastikan akan menggempur pasar lokal.

Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk paling besar di dunia dan populasi yang tinggi selalu sama dengan pasar  yang besar. Masyarakat Indonesia perlu membuka mata untuk menemukan prospek-prospek yang sekilas tidak terlihat untuk jadi peluang usaha 2015.

Berikut ide untuk peluang bisnis :

1.      Bisnis Produk Natural dan Tradisional
Menjalankan usaha dengan produk yang mengedepankan konsep natural,organik dan tradisional. Ide ini sangat cocok untuk mengincar pasar dari kalangan yang mulai tergugah dengan konsep alami dan sehat.

2.      Usaha Food Beverage
Usaha yang berkutat dengan perut ini sangat menarik banyak konsumen untuk mencoba hal beru terutama urusan makanan. Indonesia bisa menjadi support system untuk pengembangan usaha semacam ini. 

3.      Usaha Agro
Indonesia bisa menggali potensi permintaan kayu keras macam jati atau jabon, produk buah-buah unggul, bahaan baku bio energi atau bahan baku pembuatan kertass dan kain. Produk-produk argo tersebut sangat tinggi di pasar Internasional.

4.      Usaha Industri Kreatif
Dunia industry fashion , musik, kerajinan, kerajinan tangan, interior desain,penulisan fiksi dan sebagainya. Bisa dijadikan peluang usaha dengan kreatifitass pemikiran dan ide-ide yang kreatif.

5.      Usaha Jasa Terkait Dunia Publisher
Banyak negara seperti Malaysia,Thailand atau Brunai menggunakan penyediaan jasa Indonesia dalam dunia publisher untuk kebutuhan publishing seperti pembuatan website,content writer, web desain dll



Tantangan apa saja yang harus dilalui mengenai kesiapan Indonesia menghadapi MEA 2015


Pasar bebas dengan bingkai Masyarakat Ekonomi ASEAN akan mulai bergulir pada 2015. Sejauh mana kesiapan Indonesia menghadapinya? Menurut Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, persiapan Indonesia sudah 88%. Indonesia tidak perlu takut menghadapu MEA 2015, karena kebebasan arus barang sebenarnya sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir

Mindset masyarakat, khususnya pelaku usaha Indonesia yang belum seluruhnya mampu melihat MEA 2015 sebagai sebuah peluang. Bahkan menurut Journal of Current Southeast Asian Affairs, kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai ASEAN masih sangat terbatas.

Selain itu perlunya sinkronisasi program dan kebijakan pemerintah pusat dengan daerah. Sangat diperlukan kesamaan pandang diantara pejabat daerah dan pusat. Global Competitive Index oleh World Economic Forum menempatkan Indonesia pada urutan ke 38, dibawah sebagian negara ASEAN seperti Singapura, Brunei, Malaysia dan Thailand.

Tantangan lainnya yang perlu di evaluasi yakni lemahnya infrastruktur, khususnya bidang transportasi dan energi yang menyebabkan biaya ekonomi tinggi, terutama juga bagi sektor produksi dan bagi pasar. Kami juga melihat, pelaku usaha Indonesia juga inward-looking yakni besarnya pasar domestik mendorong pelaku usaha memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pasar domestik. Selain itu terbatasnya jumlah SDM yang kompeten untuk mendukung produktivitas nasioanl dan birokrasi yang belum efisien serta belum sepenuhnya berpihak pada pebisnis juga merupakan tantangan tersendiri.


Sumber :